Seperti yang kita
ketahui bahwa virus corona sudah satu bulan lebih menetap, sejak mendarat
pertama kali di indonesia pada 2 maret 2020. Virus conora banyak berpengaruh
terhadap negara kita, salah satunya bagi pelaku UMKM di indonesia. Seperti yang
dimuat di situs kompas.com “Tercatat ada sekitar 37.000 pelaku Usaha Menengah
Kecil dan Mikro ( UMKM) yang melapor ke Kementerian Koperasi dan UKM merasakan
dampak adanya pagebluk virus corona atau Covid-19 ke usaha mereka.”
Kebanyakan dari
mereka mengeluhkan penurunan omset. Penurunan omset dikarenakan adanya
karantina mandiri yang digaungkan oleh pemerintah adgar memperkecil laju
penyebaran virus ini, segaligus membuat mengikisnya jumlah pelanggan mereka. Adanya
wabah ini membut para pembisnis diminta untuk kuat bertahan. Untuk bisa
bertahan dalam wabah ini kita diminta untuk menyusun strategi yang pas bagi bisnis kita. Berikut lima
strategi pemasaran yang pas dalam menhadapi wabah covid 19 :
1.
Menggunakan kata kunci yang tepat
Virus corona
adalah suatu berita yang sangat besar. Semua orang di dunia membicarakanya. Masyarakat
saat ini banyak yang mencari sendiri informasi tentang virus corona dan membeli
produk yang berkaitan dengan virus corona. Ini dapat menjadi peluang bagi anda
yang mempunyai bisnis di bidang kesehatan, makan, dan minuman.
2. Gunakan
pasar dan konten online
Dengan adanya
himbauan pemerintah tentang anjuran #dirumahaja maka pasar offlane sekarang
sangat menurun derastis, dan pasar online sangat menjamin bagi wirausahawan. Namun,
tak sekedar penjualan saja yang ditingkatkan, kontennya juga harus menarik
untuk disimak dan tentunya berhubungan dengan virus corona.
Anda dapat
mnggunakan marketplace atau mediasosial untuk membentuk pasar tesebut agar
masyarakat dapat mudah mengakses info produk anda.
Setelah membangun
pasar online, buatlah pelanggan nyaman dan jalinlah komunikasi dengan baik agar
pelanggan setia membeli produk anda.
3.
Tingkatkan sterilisasi produk
Dalam
isu ini tentu saja masyarakat lebih berhati hati dalam membeli produk yang akan
digunakan. Masyarakat akan mencari produk yang jelas kebersihannya dan terhindar
dari virus corona. Nah, anda harus meningkatkan hal itu dan promosikan bahwa
produk anda steril dari bakteri atau virus.
4.
Tunjukan empati
Di
situasi seperti ini, sangat sulit menarik pelanggan untuk membeli produk kita. Alih-alih
memperbayak pelanggan, yang ada penurunan. Maka dari itu untuk menarik
pelanggan tunjukan rasa empati kita terhadap situasi ini, jangan acuh dan tidak
perduli. Bisnis bukan hanya sekedar seberapa banyak kita mendapatkan uang,
namun seberapa manfaat kita bagi mereka.
5.
Jangan panik dan tetap berjualan
Yang terakhir
yaitu jangan panik, karena panik dapat menyebabkan pengambilan keputusan yang
buruk pada bisnis anda. Pikirkan dengan baik langkah-langkah yang akan anda
pakai. Jangan gegabah dalam mengambil keputusan.
Tetap berjualan
adalah salah satu cara agar kita terlihat sanggup untuk melewati masa pandemi
ini. Selalu cari cara agar kita dapat menyesuaikan situasi seburuk apapun dan
jangan pernah menyerah.
Demikian strategi
pemasaran yang pas dalam menghadapi wabah covid 19. Ingat, selalu pikirkan
matang-matang apa yang akan kita lakukan untuk bisnis kita dan tingkatkan
kepercayaan anda dalam menghadapi wabah ini.